• SMKN 1 KUNDURAN
  • Prosedural, Proporsional, Profesional

MATERI PENGUJIAN DAN EVALUASI PRODUK/JASA I PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAAN KELAS XII SEMESTER 1

KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN)

3.14 Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan

KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN

4.14 Melakukan pengujian produk barang/jasa

4.15 Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk / standar operasional

TUJUAN PEMBELAJARAN 

  1. Memahamihakikatpengujian produk 
  2. Mengetahuipihak-pihak yang berwenangdalam pengujian produk  
  3. Memahamistandarisasi dan sertifikasiproduk
  4. Memahami proses evaluasiprodukmelaui pengedalian mutu

 

MATERI PENGUJIAN DAN EVALUASI PRODUK/JASA

  1. PENGUJIAN PRODUK
  2. Hakikat Pengujian Produk

Pengujian produk merupakan kegiatan penting untuk menjamin kualitas produk di pasaran,sebelum sebuah produk dipasarkan perlu dilakukan pengujian produk terlebih dahulu.Pengujian produk dilakukan degan pengukuran terhadap sifat dan kinerja produk tersebut sesuai standar tertentu.

Proses pengukuran sifat atau kinerja suatu produk inilah yang disebut dengan pengujian produk.Jadi pengujian produk adalah segala proses yang dilakukan oleh seorang peneliti,baik melalui pengukuran kinerja, keamanan, kualitas dan kesesuaian produk terhadap standar yang telah ditetapkan.

Bagi produsen,hasil pengujian produk berguna dalam pengarsipan dan untuk mendapatkan hak paten atas produknya.Selain itu,pengujian produk dapat digunakan sebagai persyaratan dalam peluncuran produk baru.Data hasil pengujian produk dapat digunakan sebagi rujukan ang tepat agar mendapatkan lisensi untuk proses produksi dan penjualan.

 

  1. Tujuan Pengujian Produk

Pengujian produk dilakukan untuk memenuhi berbagai tujuan,antara lain :

  1. Memastikan  produk  tersebut  telah  memenuhi  persyaratan  spesifikasi, regulasi dan kontrak sesuatu produk;
  2. Memastikan produk sudah berjalan sesuai dengan standarna melalui pembuktian demonstrasi produk;
  3. Menyediakan   data   standar   bagi   kepentingan   ilmiah,   teknik   dan   kegiatan penjaminan mutu;
  4. Menetapkan kesesuaian produk dengan penggunaan akhir;
  5. Sebagai  dasar untuk komunikasi teknis suatu produk 
  6. Sebagai sarana perbandingan dengan produk lain
  7. Sebagai  bukti  dalam  proses  hukum  seperti  pertanggungjawaban  produk,  hak paten,klaim produk dan lain sebagainya;
  8. Membantu memecahkan masalah yang terkait dengan kendala produk;
  9. Membantu mengidentifikasi efesiensi biaya dalam proses produksi

 

  1. Kegunaan Pengujian Produk

Besarnya  nilai  pengujian  produk  bagi  perusahaan  ditunjukkan  oleh  banyaknya kegunaan pengujian produk. Adapun kegunaan dari pengujian produk adalah :

  1. Meningkatkan kinerja produk dan kepuasan pelanggan;
  2. Produk akan lebih unggul dibandingkan dengan produk pesaing ;
  3. Dapat mengukur kadarluarsa pada kualitas produk dalam penyimpanan;
  4. Memberikan pedoman yang  tepat  terkait  masalah  harga,nama  merk, kualitas kemasan produk;
  5. Dapat memantau kualitas produk dari berbagai pabrik dari tahun ke tahun dan jalur distribusinya;
  6. Memberikan  gambaran daya terima konsumen terhadap produk tersebut.

 

  1. Pihak yang Berperan dalam Pengujian Produk

Bahwa pengujian produk terkait erat dengan aspek keamanan dan kenyamanan konsumen dalam pemakaian produk.Aspek keamanan produk sendiri tidak hanya melibatkan kepentingan  konsumen  itu  sendiri  tapi  juga  melibatkan  pemerintah yang melindungi konsumen.Adapun pihak yang berperan dalam pengujian produk sebagai berikut :

1. Pemerintah 

Peran  pemerintah  disini yaitu dengan  mengeluarkan  undang  – undang  yang mewajibkan produsen menjelaskan kegunaan produk dan menjamin keamanan produk. Pemerintah terus mengadakan peningkatan mutu produk   dengan menerbitkan  suatu  rangkaian  standar  secara  nasional  yaitu  SNI  (Standar Nasional Indonesia.

2. Perusahaan

Peran perusahaan dalam pengujian produk yaitu menyediakan produk dan layanan sesuai dengan industry.Produseen dapat menerapkan beberapa standarisasi, baik yang bersifat fakultatif ( standar yang dibuat oleh perusahaan sendiri ) ataupun standar wajib ( standar produk yang ditentukan melalui peraturan pemerintah )

3. Organisasi Konsumen

Peran  oranisasi  konsumen  yaitu  sebagai  perakilan  kepentingan  konsumen kepada produsen dan pemerintah. Ketika pemerintah dan produsen tidak menetapkan standar kualitas suatu produk,maka organisasi konsumen beranggapan bahwa kualitas merupakan hal terpenting bagi konsumen.

  1. Persyaratan Pengujian Produk

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pengujian produk benar-benar akurat dan dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

Pendekatan Sistem

Metode dan prosedur pengujian produk harus memiliki system yang standar sehingga setiap produk yang sejenis diuji dengan menggunakan cara yang sama.Termasuk dalam hal – hal sebagai berikut:

  1. Produk yang disiapkan harus sama,baik kemasan dan pengkodean
  2. Kuesioner yang diajukan harus sama
  3. Rencana sampling yang sama
  4. Metode preparasi dan tabulasi data dilakukan secara sama

Data Normatif

Pengujian  produk  dilakukan  secara  berkelanjutan dari  waktu  ke waktu.Tujuannya untuk membangun data base normative sehingga hasil uji produk lebih memiliki nilai.

Perusahaan Penelitian yang Sama

Ada baiknya produsen menggunakan satu perusahaan riset untuk melakukan smua pengujian produknya.Hal ini merupakan satu-satunya cara untuk memastikan semua uji produk dilakukan dengan cara yang persis sama.

Uji Lingkungan Nyata

Adalah pengujian produk yang dilakukan oleh orang-orang yang berada dilingkungan tempat nantinya produk tersebut akan digunakan.Jika produk tersebut digunakan di kantor maka produk   tersebut harus diuji oleh orang- orang yang bekerja di kantor.

Populasi Sampel yang Relevan

Sampel  merupakan  variable penting dalam pengujian produk.Apabila produk baru atau produk   yang memiliki pangsa pasar rendah maka sampel harus mencerminkan susunan merk dari pasar tersebut.

Variabel Kritis

Kegunaan dan kualitas produk harus dipahami dari sudut pandang konsumen dan bukan dari produsen. Misalkan aspek produk apa yang benar-benar penting bagi konsumen? dan apa variable kritis yang menentukan kepuasan konsumen terhadap produk? Variabel kritis ini harus diidentifikasi untuk setiap kategori produk agar dapat merancang system pengujian produk yang akurat .

Tindakan Konservatif

Rumusan produk mapan sebaiknya tidak diubah tanpa melakukan pengujian dan evaluasi  terhadap  formulasi baru. Bila  produsen  telah  yakin  memiliki  produk yang lebih baik, usahakan untuk memasarkan ke wilayah pemasaran yang terbatas selama periode tertentu.Hal ini bertujuan untuk melihat siklus pembelian produk berulang. Selanjutnya, distribusikan produk ke semua pangsa pasar. Semakin  kecil  pangsa  pasar, akan  semakin  besar pula  resiko yang  bisa diambil dengan formulasi baru tersebut. Semakin besar pangsa pasar semakin bisa mempertahankan keadaan dalam memperkenalkan formulasi baru.

 

  1. STANDARISASI dan SERTIFIKASI PRODUK
  1. Pengertian Standarisasi Dan Sertifikasi Produk

Istilah dari standarisasi berasal dari kata standar yang memiliki arti satuan ukuran dan dapat digunakan sebagai dasar pembanding kualitas, kuantitas, nilai, dan hasil karya yang nyata. Dalam arti yang luas, standar menunjukkan spesifikasi dari suatu produk, bahan, maupun proses. Standarisasi diimplementasikan pada saat sebuah perusahaan menghasilkan dan mengeluarkan sebuah produk ke pasaran. (sumber : https://www.caraprofesor.com/mengenal-pengertian-standarisasi).

Sebagai contoh,apabila  produsen  akan  memproduksi  kran  air  sebaiknya  ukuran  kran  yang disuat mengikuti standar dari ukuran pipa air yang ada. Produsen bisa membuat kran dengan ukuran ¼ inci atau ½ inci sesuai dengan ukuran pipa air yang sering digunakan konsumen.

Menurut ketentuan Pasal 1 angka 2 PP NO. 102/2000 tentang Standar Nasional,Standarisasi   adalah   proses merumuskan, menetapkan, menerapkan   dan merevisi standar yang dilakukan secara tertib dan bekerja sama dengan semua pihak. Dengan kata  lain, standarisasi  dapat  diartikan  sebagai  penetapan  norma  dan  aturan  mutu produk yang ditetapkan bersama dengan tujuan menghasilkan produk dengan mutu yang dapat dideskripsikan dan diukur dengan perolehan mutu yang seragam.

Sedangkan pengertian sertifikasi menurut Pasal 1 angka 11 PP Standar Nasional adalah rangkaian kegiatan penerbitan sertifikat terhadap barang dan jasa.Lebih lanjut,Pasal 1 angka 12 menyebutkan bahwa pengertian sertifikat adalah jaminan tertulis yang diberikan oleh lembaga /laboratorium yang telah terakreditasi untuk menyatakan bahwa barang,jasa,proses,system atau personal telah memenuhi standar yang dipersyaratkan. 

  1. Badan Pengatur Standarisasi Produk Nasional

Untuk menetapkan standar pengujian produk tentu harus ada pakem yang bias diuji secara secara universal dan harus membawa manfaat secara teknologi, ekonomi, dan social.

Pada dasarnya standarisasi harus memuat dua hal yaitu standar teknik dan standar manajemen.Standar teknik adalah serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan meliputi bahan, produk dan layanan. Jika bahan,produk atau jasa gagal memenuhi satu atau lebih dari spesifikasi yang berlaku maka produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dinilai tidak memenuhi spesifiksi standar. Sedangkan standarisasi manajemen adalah struktur tugas, prosedur kerja, system manajemen dan standar kerja dalam bidang kelembagaan, usaha serta keuangan.

Standarisasi nasional merupakan salah satu instrument regulasi teknis yang dapat melindungi  kepentingan  konsumen nasional  dan  produsen  produk  dalam negeri.Melalui regulasi teknis yang berbasiskan standarisasi dapat mencegah beredarnya barang - barang yang tidak bermutu dan berbahaya di pasar domestik serta mencegah masuknya barang impor yang bermutu rendah.

Untuk mencegah hal tersebut menjadi tanggung jawab Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk membina, mengembangkan serta mengkoordiasi kegiatan di bidang standarisasi secara nasional.

BSN  berkedudukan  di  bawah    dan  bertanggung  jawab  kepada  Presiden  melalui menteri  yang  mengkoordinasikan.  BSN  sebagai  lembaga  pemerintah  bertanggung jawab untuk merumuskan dan mengembangkan standar di Indonesia mengacu pada yang ditetapkan  oleh  badan  dunia  seperti  ISO, CODEX  Alimentarius,  dan  standar regional serta standar nasional lainnya.

Badan Standarisasi Nasional ( BSN ) memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang standarisasi Nasional;
  2. Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas BSN;
  3. Fasilitas   dan   pembinaan   terhadap   kegiatan   instansi   pemerintah   di   bidang standarisasi Nasional;
  4. Penyelenggaraan pembinaan kerja sama dalam negeri dan internasional di bidang standarisasi;
  5. Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasiumum di bidang perencanaan umum ketatausahaan,organisasi dan tatalaksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, hukum, persandian, perlengkapan dan rumah tangga.

Sedangkan kewenangan BSN sebagai lembaga penentu standarisasi produk nasional sebagai berikut:

  1. Penyusun rencana nasional secara makro di bidangnya;
  2. Perumusan kebijakan di bidangnya untuk mendukung pembangunan secara makro;
  3. Penetapan system informasi di bidangnya;
  4. Kewenangan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu:
  • Perumusan dan pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang standarisasi nasional;
  • Perumusan dan penetapan kebijakan system akreditasi lembaga sertifikasi,lembaga inspeksi dan laboratorium;
  • Penetapan SNI;
  • Pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidangnya;
  • Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidangnya.

 

  1.  EVALUASI DAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK
  2. Pengertian Evaluasi Produk

Sebuah perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi tentu harus melakukan evaluasi terhadap produknya sebelum diluncurkan ke pasaran.Untuk menghasilkan barang yang bermutu, perusahaan harus menentukan standar kualitas secara jelas.Pentingnya melakukan evaluasi produk agar perusahaan bisa memantau setiap kerusakan produk   kemudian   dicari   penyebabnya   dan   segera   dilakukan perbaikan.

Evaluasi produk adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang akan dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.

Adapun factor yang biasa dipakai dalam mengevaluasi kepuasan produksi manufaktur menurut Garvin dalam Lovelock (1994),antara lain meliputi aspek sebagai berikut :

  • Reputasi  produk  serta  tanggung  jawab  perusahaan  terhadapnya.Dalam  hal  ini konsumen melihat kinerja (performance) karakteristik operasi pokok dari produk inti yang dibeli.
  • Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (features) yaitu karakteristik sekunder atau pelengkap  yang  merupakan  fasilitas  tambahan  yang  menambah  fungsi  dasar berkaitan dengan pilihan pengembangan.
  • Kehandalan (reliability), yaitu kemungkinan kecil akan mengalami kerusakan atau gagal digunakan.Berkaitan dengan kemungkinan suatu produk melaksanakan fungsinya secara berhasil dalam waktu tertentu dibawah kondisi tertentu.
  • Kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specification), yaitu sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar yang telah ditetapkan.
  • Daya tahan (durability) berakaitan dengan berapa lama produk tersebut dapat digunakan.Biasanya  karakteristik  ini  berhubungan  dengan  ukuran  masa  pakai suatu produk.
  • Kemampuan pelayanan (serviceability), merupakan karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan kompetensi,kenyamanan,mudah direspirasi serta penanggulangan keluahan yang memuaskan.
  • Estetika (estebility) merupakan karakteristik yang bersifat   subjektif  sehingga berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari preferensi atau pilihan pribadi.
  • Kualitas yang dirasakan (perceived quality) bersifat subjektif,berkaitan dengan perasaan pelanggan dalam mengonsumsi produk tersebut seperti meningkatkan harga diri,biasanya merupakan karakteristik yang berhubungan dengan reputasi.

 Penentuan Kualitas Produk dan Pengendalian Mutu Produk

Adapun standar dari kualitas suatu produk ditetapkan dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

Kualitas produk pesaing

Minimal perusahaan menghasilkan produk dengan kualitas yang sama dengan pesaingbahkan sedapat mungkin lebih baik dari produk pesaing.

Manfaat akhir dari produk

Apakah  produk  tersebut  sebagai produk  akhir atau produk  perantara untuk diproduksi lebih lanjut

Keseimbangan antara harga dan kualitas

Perusahaan harus menyesuaikan harga jual dengan kualitas produk.Konsumen tidak akan segan membeli dengan harga tinggi,bila kualitas dari produk yang dibelinya memang terjamin atau berkualitas super.

Pengendalian mutu terhadap produk tentu sangat diperlukan.Pengendalian mutu atau quality control adalah proses penilaian dan pengawasan kualitas atas hal-hal yang berkaitan dengan produksi.ISO 9000 mendefinisikan pengendalian mutu sebagai “Bagian  dari manajemen kualitas yang  berfokus  pada pemenuhan  standar  kualitas suatu produk”.

 3.   Pendekatan Pengendalian Kualitas Produk

Pengendalian kualitas bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan- penyimpangan,baik bahan,tenaga,waktu maupun kualitas barang jadi serta untuk memperbaiki  kesalahan  –  kesalahan  yang  pernah  terjadi  sebelumnya,pada  saat maupun setelah proses produksi.Pengedalian kualitas umumnya dilakukan dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu sebagai berikut:

1. Pendekatan Masukan

Kualitas suatu produk akhir sangat ditentukan oleh kualitas masukan ( input) produksi,baik bahan baku atau pendukung,tenaga kerja,maupun peralatan produksi yang digunakan.Pengendalian kualitas berdasarkan pendekatan masukan adalah pengendalian dengan cara menetapkan standar yang sangat ketat terhadap spesifikasi bahan baku diperiksa secara cermat,tenaga kerja yang  digunakan  diseleksi  secara  ketat  serta  fasilitas  atau  perlengkapan produksi dipilih secara cermat.

2. Pendekatan Proses

Pendekatan ini dilakukan melalui pengendalian yang ketat terhadap standar proses produksi yang dijalankan.Sebelum melakukan proses produksi setiap pekerja terlebih dahulu diberikan pedoman pelaksanaan proses produksi yang harus mereka   pahami   dengan   baik sehingga   mereka   bekerja   sesuai pedoman. Di samping itu setiap pekerja berusaha untuk meminimalisasi penyimpangan dan setiap kerusakan peralatan produksi segera diperbaiki.

3. Pendekatan Keluaran

Pendekatan ini dilakukan dengan melihat kesesuaian produk akhir dengan pesanan atau standar yang telah ditetapkan,yaitu dengan melihat dan memeriksa sampel produk.Di samping itu pengendalian dengan pendekatan ini juga dilakukan  terhadap fasilitas penyimpangan produk  akhir,setiap produk akhir ( keluara ) akan diperiksa untuk melihat kesesuiaannya dengan standar yang telah ditetapakan sebelumnya yaitu yang disebut dengan sampel produk.

 4.   Manfaat Pengendalian Kualitas

Pengendalian kualitas bagi perusahaan memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Tercapainya   efesiensi,dikarenakan   tidak   ada   pemborosan   bahan   baku   atau pendukung,waktu dan tenaga kerja.
  • Menekan biaya,sehingga biaya rata-rata dan harga jual menjadi rendah.
  • Meningkatkan penjualan,disamping karena harga jual relative rendah juga kerena kualitas barang yang terjamin.
  • Manfaat  bagi  konsumen  adalah  konsumen  merasa  puas  karena  memperoleh barang/produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

 5.   Langkah Melakukan Evaluasi Kualitas Produk

Berikut  ini  beberapa  langkah  yang  bisa  diambil  perusahaan  dalam  melakukan evaluasi produk,antara lain :

  • Evaluasi  pada  kualitas produk,yaitu dengan  melakukan  pengendalian  mutu  atau quality  control, mencari cacat produk dan  segera  melakukan perbaikan. Pengendalian kualitas produk dilakukan yaitu dengan cara mengidentifikasi kerusakan produk, mencari penyebab kerusakan dan usaha untuk melakukan perbaikan. Perusahaan perlu menentukan standar kerusakan produk maksimal dua persen.
  • Evaluasi terhadap persepsi karyawan.Mengevaluasi persepsi karyawwan dan para manajer terhadap kualitas juga mengevaluasi tingkat komitmen para karyawan dan manajer terhadap kualitas.
  • Evaluasi tingkat kerusakan produk.Evaluasi ini dilakukan untuk mencari penyebab terjadinya kerusakan,seperti kualitas bahan yng digunakan tidak sesaui dengan standar,keteledoran karyawan yang disebabkan kurangnya pengawasan atau mesin yang sudah tidak layak pakai.

Setelah  diperoleh  hasil  dari  analisis  tersebut  dapat  digunakan  sebagai  evaluasi terhadap strategi bisnis perusahaan yang telah mecanangkan kebijakan mutu barang yang dihasilkan oleh perusahaan,termasuk kebijakan tingkat kerusakan barang.

 

ASESMEN PILIHAN GANDA

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1. Pengujian produk sering disebut dengan istilah ….

  1. Pengujian produsen
  2. Pengendalian mutu
  3. Pengendalian kualitas produk
  4. Pengujian kualitas
  5. Pengujian komperatif

2. Keunggulan produk dibanding para pesaingnya,akan memiliki keuntungan dalam beberapa hal berikut ini, kecuali…..

  1. Membantu memperkuat pangsa merk
  2. Memperbesar dampak positif dari semua aktivitas pemasaran
  3. Efisiensi proses produksi
  4. Memungkinkan pembelian berlanjut dari konsumen
  5. Memuaskan pelanggan dan meminimalkan pengembalian produk

3. Berikut yang bukan merupakan kegunaan dari pengujian produk, adalah….

  1. Meningkatkan kinerja produk
  2. Mengukur efek penuan kualitas produk dalam penyimpanan
  3. Memantau kualitas produk dari tahun ke tahun
  4. Mendapat pasar konsumen
  5. Memberikan gambaran daya terima konsumen terhadap produk

4. Aspek keamanan produk sendiri tidak hanya melibatkan kepentingan konsumen tapi juga adanya peran pemerintah dalam pengujian produk, yaitu…..

  1. Menetapkan peraturan perundang-undangan
  2. Menetapkan standar produk sebelum proses produksi
  3. Ikut mengevaluasi perencanaan produksi sehingga sesuai standar
  4. Melibatkan penguji luar negeri dalam meningkatkan mutu produk dalam negeri
  5. Menerapkan standarisasi yang bersifat fakultatif

5. Pengujian produk yang dilakukan oleh orang-orang yang nantinya produk tersebut akan digunakan disebut dengan…..

  1. Uji kegunaan nyata
  2. Uji pasar
  3. Uji lingkungan nyata
  4. Uji konsumen
  5. Uji perbandingan

6. Persyaratan pengujian produk dengan menggunakan pendekatan system, hal hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut, kecuali…..

  1. Kuesioner yang diajukan harus sama
  2. Metode preparasi dan tabulasi data dilakukan secara sama
  3. Rencana sampel produk secara tidak sama
  4. Produk yang disiapkan harus sama
  5. Sampling yang sama

7. Berikut yang bukan merupakan persyaratan yang harus dipenuhi produk akurat dapat diterapkan,…

  1. Pendekatan sistem
  2. Data normatif
  3. Perusahaan peneliti yang sama
  4. Uji pengendalian mutu
  5. Tindakan konservatif

8. Badan Standarisasi Nasional (BSN) dibentuk melalui .….

  1. PP No. 102 tahun 2000
  2. Kepres no 13 tahun 1997
  3. Kepres no 102 tahun 2000
  4. Kepres no 166 tahun 1997
  5. Kepres no 103 tahun 2000

9. Serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan meliputi bahan, produk dan layanan adalah…..

  1. Standar Nasional
  2. Standar teknik
  3. Standar produk
  4. Standar manajemen
  5. Standarisasi konsumen

10. Pelaksanaan tugas dan fungsi BSN di bidang akreditasi dilakukan oleh…..

  1. Dewan Standarisasi Nasional
  2. Lembaga Akreditasi Nasional ( LAN )
  3. Komite Standar Nasional
  4. Lembaga sertifikasi Produk
  5. Komite Akreditasi Nasional ( KAN )

11. Kegiatan sertifikasi produk sebagai syarat pemberian sertifikasi SNI dilakukan oleh…..

  1. Dewan Standarisasi Nasional
  2. Lembaga Akreditasi Nasional ( LAN )
  3. Komite Standar Nasional
  4. Lembaga sertifikasi Produk
  5. Komite Akreditasi Nasional ( KAN )

12. Biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen untuk membiayai pengurusan sertifikasi produk akan muncul setelah melakukan…..

  1. Pengisian formulir SPPT SNI
  2. Verifikasi Permohonan
  3. Audit system manajemen mutu
  4. Pemberian SPPT SNI
  5. Keputuasan SNI

13. Pengendalian kualitas produk melalui pendekatan keluaran dilakukan dengan melihat…..

  1. Sampel produk
  2. Material produk
  3. Cara kerja dari setiap karyawan
  4. Efisiensi mesin
  5. Efektifitas tenaga kerja

14. Pengendalian kualitas produksi diperlukan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan rencana…..

  1. Manajemen
  2. Konsumen
  3. Pasar
  4. Produksi
  5. BSN ( Badan Standarisasi Nasional )

15. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang akan dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan adalah pengertian dari…..

  1. Stadarisasi produk
  2. Evaluasi produk
  3. Evaluasi
  4. Pengendalian mutu
  5. Pengujian produk

16. Penetapan standar dari kualitas suatu produk ditetapkan oleh produsen dengan mempertimbangkan…..

  1. Kualitas dari produk pesaing
  2. Keseimbangan antara keuntungan dan penjualan
  3. Efisiensi produksi
  4. Segmen pasar dari produk pesaing
  5. Kegunaan dari produk

17. Berikut yang bukan menunjukkan manfaat pengedalian kualitas produk bagi perusahaan…..

  1. Tercapainya efisiensi
  2. Menekan biaya
  3. Meningkatkan laba
  4. Meningkatkan penjualan
  5. Memperoleh barang berkualitas dengan harga bersaing

18. Proses penilaian dan pengawasan kualitas atas hal-hal yang berkaitan dengan produksi adalah…..

  1. Evaluasi produk
  2. Pengendalian mutu
  3. Kualitas produk
  4. Efisiensi mutu
  5. Pengawasan

19. Faktor yang biasa dipakai dalam mengevaluasi kepuasan produksi manufaktur menurut Garvin dalam Lovelock (1994), antara lain meliputi aspek sebagai berikut, kecuali…

  1. Reputasi produk
  2. Kualitas produk
  3. Keistimewaan tambahan
  4. Kehandalan
  5. Daya tahan

20. Berikut kewenangan BSN sebagai lembaga penentu standarisasi produk nasional sebagai berikut…..

  1. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasioal
  2. Mengembangkan dan mengelola system penilaian
  3. Penetapan SNI
  4. Penyelengaraan kegiatan kerja sama dalam dan luar negeri
  5. Sebagai koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas BSN

ESSAI

  1. Apakah yang dimaksud dengan standarisasi menurut Pasal 1 angka 2 No 102 tahun 2000 tentang standisasi Nasional ?
  2. Jelaskan perbedaan antara Standar teknik dengan Standar manajemen ?
  3. Apa fungsi dan kewenangan BSN/ Badan standisasi Nasional sebagai badan yangmemberikan pebmina,pengembangkan serta pengkoordiasi kegiatan di bidang standarisasi secara nasional ?
  4. Menurut pendapat anda ,apakah kualitas barang hanya ditujukan untuk memberikan kepuasan konsumen? Mengapa!
  5. Terangkan scara singkat pendekatan pengendalian kualitas produk?

 

Kerjakan assesmen PG dan Esai di atas di Buku tulis masing-masing kemudian di Kumpulkan ke Meja Bapak Tony di lantai 2 Lab Utara

Komentar

Bagus

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MATERI PEMBELAJARAN CNC KD3.3

https://drive.google.com/drive/folders/1-_ymLCIsNTEumiIgaUGluPZ4napjiGVM?usp=share_link

14/12/2022 12:45 - Oleh Ragil PW - Dilihat 341 kali